Tips JItu Agar Laptop Tetap Aman Saat Traveling

Tips JItu Agar Laptop Tetap Aman Saat Traveling

Hal untuk biasanya dalam bekerja atau bersenang-senang, Anda  mungkin lebih merasa nyaman kalau pergi traveling dengan membawa sebuah laptop. Memang agak menyusahkan membawa laptop saat traveling, namun banyak hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan laptop, mulai dari menulis, menyelesaikan pekerjaan, hingga untuk keperluan komunikasi.

Tips JItu Agar Laptop Tetap Aman Saat Traveling

Berikut tips jitu bagi Anda agar laptop tetap aman saat dibawa traveling

1. Menggunakan Tas yang Tepat

Dalam Pihak Transportation Security Administration (TSA) menyarankan traveler untuk menggunakan tas laptop khusus yang lebih “ramah” dengan alat pemindai. Selain laptop lebih aman, proses screening di bandara pun akan lebih cepat kalau menggunakan tas khusus ini.Dan tidak membuat anda merasa teranggu dan sebaliknya membuat anda nyaman saat traveling.

2. Cek Keamanan Wifi

Dan Saat traveling dan membawa laptop, pastinya Anda akan memanfaatkan fasilitas wifi gratis yang disediakan tempat wisata bukan? Minimalkan aktivitas yang mengharuskan Anda untuk memberikan informasi pribadi saat menggunakan wifi gratis ini. Agar anda dapat lebih nyaman lagi menggunakan wifi gratis untuk mencari seputar informasi. Usahakanlah untuk tetap mengecek keamanan dalam menggunkan wifi.  Untuk memikat korban, hacker terkadang membuat WiFi Network palsu. Nama yang digunakan umumnya dibuat mirip dengan tempat yang Anda tongkrongi seperti “FREE Public Wi-Fi” atau “FREE Starbucks WiFi”.
Cara ini dianggap efektif karena korban akan mengira itu hotspot resmi. Korban kemudian browsing dengan santai tanpa sadar komputernya telah memasuki jaringan yang tidak aman, di mana hacker dapat memantau aktivitas dan mencuri data Anda. Agar tak masuk perangkap, sebelum terhubung ke jaringan, periksalah lebih dulu nama WiFi hotspot yang disediakan cafe/hotel atau tempat Anda berada. Anda bisa mengonfirmasinya ke karyawan setempat.

3. Aktifkan Layanan Lokasi

Canggihnya teknologi membuat laptop kini sudah dilengkapi dengan fitur seperti GPS. Pastikan Anda selalu mengaktifkan fitur tersebut ya. Sehingga benda tersebut bisa lebih mudah dicari jika Anda tak sengajak meninggalkannya di suatu tempat. Anda pun bisa mengunci bahkan menghapus konten-konten penting di dalam laptop jika memang benda ini hilang.

4. Memperbarui Perangkat Lunak

Sebelum berangkat berlibur, jangan lupa untik mengupdate laptop dan software yang ada di dalamnya. Sehingga, tak perlu lagi dilakukan update otomatis saat Anda menggunakan fasilitas Wifi umum.

Diatas adalah beberapa  Tips JItu Agar Laptop Tetap Aman Saat Traveling, semoga bermanfaat tips jitu di atas.

Leave a Comment