Salah Satu Pelaku Teror Truk di Swedia Migran Terdaftar Dideportasi

Salah Satu Pelaku Teror Truk di Swedia Migran Terdaftar Dideportasi

Salah Satu Pelaku Teror Truk di Swedia Migran Terdaftar Dideportasi
Salah Satu Pelaku Teror Truk di Swedia Migran Terdaftar Dideportasi

Zona Netizen-Salah satu tersangka teror truk di Stockholm, Swedia, teridentifikasi sebagai migran. Perintah deportasi untuk pria asal Uzbekistan itu sudah ada sejak Desember 2016.

Dilansir dari BBC, Minggu (9/4/2017), nama pria tersebut hingga saat ini belum dirilis otoritas setempat. Pria berusia 39 tahun itu merupakan pelaku pertama yang dijadikan tersangka. Hingga saat ini sudah ada dua orang yang dijadikan tersangka.

Pria tersebut sudah dicari pihak Imigrasi Swedia karena permohonan tinggalnya ditolak pada Juni 2016. Pihak Imigrasi kemudian memberinya waktu 4 minggu terhitung dari Desember 2016 untuk meninggalkan Swedia. Polisi juga mengidentifikasinya sebagai simpatisan kelompok teroris.

Baca juga: Terekam CCTV, Inikah Sosok Pelaku Teror Truk Stockholm?

Otoritas setempat sempat merilis foto terduga pelaku pertama yang terpantau CCTV sebelum tertangkap. Ia tampak mengenakan penutup kepala berwarna gelap dan berjaket hijau. Sayangnya, pihak keamanan tidak mengkonfirmasi apakah sosok yang ditahan adalah pengemudi truk.

Sementara itu tersangka kedua juga telah resmi ditahan. Namun dugaan atasnya tidak sekuat terhadap tersangka pertama.

Swedia menerima hampir 200 ribu pengungsi dan jumlah migran lebih tinggi per kapita dari negara Eropa lainnya. Namun jumlah ini menurun drastis semenjak diberlakukannya sistem pengecekan perbatasan baru. Dipercaya pula di negara ini tinggal kelompok pejuang negara Islam per kapita tertinggi.

eror truk di pusat perbelanjaan Drottninggatan, Stockholm, Swedia setidaknya menewaskan empat orang dan 15 orang terluka. Dua korban tewas teridentifikasi sebagai warga negara Swedia, sementara sisanya warga negara Britania Raya dan Belgia.

Kejadian itu berlangsung pada Jumat (7/4) sekitar pukul 13.00 GMT atau pukul 15.00 waktu setempat. Insiden terjadi di sudut pertokoan dan Drottninggatan, kawasan pejalan kaki terbesar di kota tersebut, dan menyebabkan warga trauma. Truk yang digunakan dibajak dari perusahaan bir Spendrups. Pihak Spendrups menyebut truk dibajak saat sopir mereka mengantarkan barang.

“Truk itu telah dicuri saat pengiriman (bir) ke restoran,” ujar juru bicara Spendrups Marten Luth.

Ribuan orang berkumpul di pusat kota Stockholm untuk mengungkapkan dukungan memberantas teroris. Mereka juga meletakkan bunga di luar pusat perbelanjaan Ahlens sebagai bentuk penghormatan kepada korban.

Leave a Comment