Mitos Tahun Baru Imlek Masyarakat Tionghua

Mitos Tahun Baru Imlek Masyarakat Tionghua 

Tahun Baru imlek merupakan tahun baru bagi masyarakat tionghoa di seluruh dunia. Tahun baru imlek sangat penting bagi masyarakat tionghoa karena merayakan tahun baru di mulai dari bulan pertama atau awal tahun bagi masyarakat china atau bisa disebut Malam Pergantian Tahun.
Dan telah menjadi bagian dari budaya tradisional dari yang merayakannya.
Mitos Tahun Baru Imlek Masyarakat Tionghua

Sejarah Imlek sebelum Dinasti Win, tanggal dalam perayaan sesuatu tahun masih belum sangat jelas. dan kemungkinan bahwa awal tahun bermula pada bulan 1 semasa dinasti xia, bulan 12 smasa dinasti shang. Bulan kabisat yang di pakai untuk memastikan kalender Tionghoa sejalan dengan ederan mengelilingi matahari. Dan menetapkan bahwa tahun baru berawal di bulan 10 pada 221 SM,

Mitos Tahun Baru Imlek Masyarakat Tionghua,

Mitos Tahun Baru Imlek Masyarakat Tionghua

Berdasarkan dari cerita masyarakat dan legenda kuno. Tahun baru china di rayakan ketika orang china berhasil melawan hewan mitos yang di sebut sebagai Nian yang berarti tahun dalam bahasa cina. Makhluk Nian selalu muncul pada hari pertama tahun baru dan kedatangan Nian adalah memangsa hewan ternak, memakan hasil pertanian bahkan penduduk, terutama anak-anak.
Untuk selamat dari semua petaka Nian, Masyarakat china akan menaruh sesajen di depan pintu mereka pada hari pertama tahun baru. jika Nian telah mengambil/ memakan makanan yang telah disediakan oleh masyarakat, makan  makhluk Nian tidak akan mengganggu  masyarakat.

Dan pada suatu ketika, seorang penduduk menyaksikan nian ketakutan dan lari menghindar dari seorang anak yang berkostum merah. Dari kejadian itu masyarakat yang pada akhirnya tahu jika mahluk nian yakni takut pada warna merah.
dan penduduk saat tahun baru tiba akan menggantung lentera merah serta menggunakan mercun untuk menakuti nian. Sejak saat itu Nian tidak pernah mucul lagi ke desa penduduk yang akhirnya Nian berhasil di tangkapa oleh seorang pendeta tao yaitu  Hogjun lao Tze

Adat-adat ini dalam pengusiran nian kemudian berkembang menjadi perayaan Tahun  baru Imlek secara harifah adat mengusir Nian pada malam tahun baru.

Leave a Comment