Lebaran Sudah Lewat, Ahok Pilih Jalur Independen atau Parpol?

Lebaran Sudah Lewat, Ahok Pilih Jalur Independen atau Parpol?

ZnNews – Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok ) menyatakan akan mengambil sikap soal pencalonan dirinya di Pilgub DKI Jakarta 2017 setelah Lebaran. Sebelum Hari Raya Idul Fitri, Ahok masih menimbang di antara dua pilihan. Dia memiliki SK dukungan dari 3 parpol yaitu Golkar, NasDem, dan Hanura yang cukup untuk mengusungnya. Disisi lain, ada pula lebih dari sejuta KTP pendukung yang sudah terkumpul untuk maju di jalur independen.

Diantara dua pilihan, ahok menyatakan akan mengambil keputusan usai makan ketupat di Belitung. Dia pulang ke kampung halamannya itu saat Lebaran.

Aku mau pulang ke Belitung duli, makan ketupat dulu baru putusin,” jawab Ahok ketika ditanya di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin 26/06/2016.

Sempat beredar kabar bahwa Ahok akan mendeklarasikan maju diusung parpol pada hari Lebaran. Tetapi, kabar itu sudah ditepisnya.

Siapa bilang? Di Belitung ? Masa di Belitung. Di Belitung enggak ada wartawan susah dong.” kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat 01/07/2016.

Dan memang benar, Ahok tidak mengadakan deklarasi politik saat Lebaran. Namun, sinyal-sinyal itu semakin kuat. Partai Golkar sebagai pendukung Ahok pun membenarkan.

Deklarasi dalam bulan ini. Sinyal yang saya tangkap akan maju melalui partai,” kata Koordinator Bidang Polhukam Golkar, Yorrys Raweyai, di kediaman Ketua DPR, Jl Widya Chandra, Jakarta Selatan, Rabu 06/07/2016.

Di saat Ahok masih memantapkan hati, muncul suara-suara penantangnya. Sehari sebelum Lebaran, mantan Wamenhan Sjafrie Sjamsoeddin mendeklarasikan diri siap maju di Pilgub DKI 2017. Dia pun sudah sowan ke Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PD Susilo Bambang Yudhoyono lebih dulu.

Dengan rahamat Tuhan dan seizin Allah SWT, apabila kepercayaan masyarakat itu sama dengan keputusan proses politik yang sedang di kembangkan maka saya sebagai umat Islam dan tentunya sebagai warga masyarakat,” kata Sjafrie dirumahnya di Jl Sisingamangaraja, Jakarta Selatan, Selasa 05/07/2016.

Ada pula nama Komjen Budi Waseso yang kembali diangkat. Kini, Buwas digadang-gadang berpasangan dengan Sandiaga Uno untuk Pilgub DKI.

Peluang Budi Waseso untuk maju sebagai Calon Gubernur DKI yang diusung Partai Gerindra semakin membesar. Kami mengusulkan Buwas akan diduetkan sebagai Cagub berdampingan dengan Sandiaga Uno sebagai Cawagub,” kata Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dalam keterangannya, Sabtu (9/7/2016).

Kini, Lebaran sudah lewat. Penantang pun mulai bersuara. Lalu, apa keputusannya Pak Ahok?

 

 

 

Leave a Comment