Kekhawatiran yang Muncul Saat Anak Main Pokemon Go Tanpa Pengawasan Ortu

Kekhawatiran yang Muncul Saat Anak Main Pokemon Go Tanpa Pengawasan Ortu

ZnNews – demam Pokemon Go tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada anak-anak. Nah, ketika masih memainkan games ini apalagi tanpa pengawasan orang tua, bisa muncul beberapa kekhawatiran.

Mungkin gini kali ya. Kalau aku agak khawatir kalau anak-anak mainin game ini. Pertama, khawatir mereka masuk ke area-area yang mereka ngak boleh masukin, seperti semak-semak tempat bersarangnya binatang buas,” tutur psikolog anak dan keluarga yang juga ibu dua anak, Anna Surti Ariani MPsi.

Atau masuk-masuk kerumah orang lain baik dengan izin atau tanpa izin.

Apalagi kalau orangnya ngak dikenal, dan bahkan ternyata itu orang jahat,” sambung wanita yang akrab disapa Nina ini ketika berbincang dengan ZonaNews, Kamis 14/07/2016.

Kedua dikhawatirkan jika memainkan game ini bisa membahayakan keselamatan anak. Misalnya saja dalam proses pengejaran Pokemon, anak menyebrang jalan dengan tidak hati-hati. Atau anak tidak sengaja terjatuh kelubang karena tidak menyadari kondisi jalan akibat terlalu asyik bermain.

Kemudian, dikhawatirkan jika anak-anak ini menjadi kecanduan gadget. Hanya dengan mereka kecanduan gadget, kata Nina, akan ada banyak hal yang terpengaruh. Misalnya anak jadi sulit fokus dan konsentrasi yang nantinya menimbulkan efek anak sulit menangkap pelajaran, sulit mengingat apa yang dipelajari, dan akhirnya sulit berprestasi.

Kita juga khawatir kalau anak-anak mengukur kebahagian atau keberhasilan mereka hanya dari game ini saja. Kalau ngak berhasil nangkep Pokemon sebanyak temennya dia lalu merasa gagal dan frustasi,” kata Nina.

padahal, untuk mencapai suatu keberhasilan pastinya anak mesti mengorbankan banyak hal. Kekhawatiran lainnya yakni anak jadi menghabiskan terlalu banyak waktu untuk main dan mengesampingkan hal lain yang lebih penting seperti belajar atau bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya secara nyata.

Belum lagi kalau anak menghabiskan uangnya demi berhasil di Pokemon Go, misalnya ngorder ojek demi muter-muter mencari Pokemon. Dikhawatirkan juga kalau anak jadi tahu hal-hal yang belum pantas untuk usianya gara-gara dia masuk tempat yang harusnya tidak dia masuki,” kata Nina.

 

.

Leave a Comment