Ingat! Ejakulasi di luar Miss V, Bukan Jaminan Tidak akan Terjadi Kehamilan

Ingat! Ejakulasi di luar Miss V, Bukan Jaminan Tidak akan Terjadi Kehamilan

ZnHot – Ada beragam metode yang dilakukan untuk mencegah kehamilan. Salah satunya adalah dengan menerapkan sanggama terputus atau interrupted-intercourse di mana ejakulasi di luar vagina.

Namun, patut diingat bahwa seperti metode kontrasepsi lainnya, sanggama terputus juga bukan jaminan bahwa tidak akan terjadi kehamilan. Seperti diungkapkan pengamat kesehatan seksual dr Andri Wanananda MS, cara menunda atau mencegak kehamilan dengan sanggama-terputus tidak di anjirkan.

Kerena pada pria, saat mendekati orgasme ejakulasi, tidak jarang ada spermatozoa yang sudah lolos menuju rahim pasangan untuk menjumpai sel telur atau ovum. Sehingga, bisa menimbulkan kehamilan,” kata dr Andri kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Sebelum ejakulasi, lanjur dr Andri, jika jarang ujung penis sudah basah serta mengandung sel jantan yang terpelanting lebih awal. Nah, staf pengajar di Universitas Tarumanagara ini mengatakan spermatozoa yang ‘nakal’ tersebut bisa merangsek masuk kedalam mulut rahim melalui lubang sel dara.

Dilaporkan Net Doctor, sebuah studi di Amerika mengungkapkan bahwa kegagalan metodi ini untuk mencegak kehamilan mengalami peningkatan. Praktis kesehatan juga tidak menyarankan metode ini untuk mencegah kehamilan karena bisa saja terjadi keterlambatan untuk menarik penis dari Vagina.

Akibatnya, tetap ada kesempatan bagi spermatozoa menyelinap ke vagina. Kemudian, adanya kemungkinan sperma di dalam cairan yang dikeluarkan pria ketika ia merasa gembira dan itu terjadi sebelum ia benar-benar ejakulasi.

Sementara, contracept. org menyebutkan metode sanggama terputus memiliki tingkat kegagalan 27% per tahun ketika digunakan. Ini artinya, sekitar 1 dari 4 orang yang melakukan metode ini tetap akan mendapatkan kehamilan. Namun, ketika dikombinasikan dengan metode lain, maka tingkat kegagalan sanggama terputus dalam mencegah kehamilan diyakini lebih rendah.

 

Leave a Comment