Indonesia Ditargetkan Pertahankan Gelar Juara Umum ASEAN School Games

Indonesia Ditargetkan Pertahankan Gelar Juara Umum ASEAN School Games

ZnSport – Kontingen ASEAN School Games Indonesia dilepas Menpora, Imam Nahrawi. Terdiri dari 265 orang, Indonesia ditargetkan mempertahankan gelar juara umum.

ASG akan digelar di Chiang Mai, Thailand, 21-29 Juli mendatang. Kontingen Indonesia terdiri dari 179 atlet, 35 pelatih, 11 manajer, 35 ofisial kontingen, dan 5 wasit dari 11 cabang olahraga. Sebelas cabang olahraga yang diikuti Indonesia dalam ASG 2016 adalah renang. bulu tangkis, atletik, sepak takraw, golf, tenis, bola voli, basket, senam, tenis meja, dan futsal.

Asisten Deputi Pembibitan dan Iptek Olahraga, Washinton Galingging, mengatakan persiapan kontigen saat ini sudah jauh lebih baik, kendati sempat terkendala waktu pemusatan latihan nasional yang singkat, karena terpotong bulan Ramadhan dan libur lebaran. Namun hal itu tidak menyurutkan semangat tim untuk target pertahankan gelar juara umum.

Adanya pemotongan anggaran pun sempat menjadi kendala. Namun, saya optimis bisa mempertahankan juara umum di Thailand. Beberapa cabor yang sebelumnya bukan dominasi Indomesia pun menunjukkan peningkatan yang Signifikan selama latihan ,” kata Washington kepada wartawan, usai pelepasan, yang dilakukan di Audiotorium Kemenpora, Rabu 19/07/2016.

Optimisme serupa juga dilontarkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi saat melepas secara resmi kontingen ASG 2016. Ia meyakini target tersebut bakal tercapai apalagi melihat pengalaman kontingen Indonesia pada ASG sebelumnya. Tahun lalu, persiapan kontinge Indonesia bukan tanpa kendala, namun akhirnya mampu menjadi juara umum di Brunei Darussalam.

Kali ini keterbatasan juga ada tapi itu harusnya dijadikan pemacu atau motivasi untuk bisa mencetak prestasi di ajang ASG ini. Biarkan peta kekuatan lawan menjadi statistik belaka, sementara saat bertanding nanti, merah-putih harus bisa diperjuangkan dengan sekuat tenaga,” kata Imam.

Atlet berprestasi dalam ASG, lanjut Menpora, juga berpeluang menjadi atlet masa depan Indonesia. Terlebih, saat ini, Indonesia sedang mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2018 Jakarta-Palembang yang mengincar dua sukses, sukses prestasi dan sukses penyelenggaraan.

 

Leave a Comment