Bercinta Disebut Bisa Bantu Hentikan Makan Berlebihan

Bercinta Disebut Bisa Bantu Hentikan Makan Berlebihan

ZnHot – Tidak mau capek-capek olahraga, konon bercinta bisa dijadikan metode alternatif untuk membakar kalori, meskipun mungkin tidak banyak. Tetapi sebuah penelitian memastikan manfaat bercinta bagi para pelaku diet lho.

Baru-baru ini tim peneliti dari Centre fot Addiction dan Mental Health, York University, Toronto menyimpulkan, seks secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan atau menaga bobot tetap ideal.

Mengapa begitu? Selain karena bercinta dapat membakar kalori, aktivitas seksual juga memicu pelepasan hormon oksitosin atau yang biasa disebut sebagai hormon cinta.

Tidak banyak yang tahu bahwa oksitosin ternyata dapat menghentikan keinginan seseorang untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan. Hal ini dibuktikan peneliti dengan mengamati puluhan partisipan berusia 27-50 tahun selama 10 tahun.

Partisipan tercatat memiliki rentang bobot yang bevariasi. Namun beberapa di antaranya mengaku memiliki kebiasaan ‘binge eating’ atau makan berlebihan. Kemudian sampel darah mereka di ambil agar DNA-nya bisa dianalisis.

Analisis DNA itu meungkap adanya keterkaitan antara oksitosin dengan perilaku binge eating yang selama ini belum pernah ditemukan. Secara spesifik, peneliti menemukan ada tujuh bagian dari DNA yang memperlihatkan respons berbeda-beda ketika reseptor oksitosin bekerja.

Bagian ini kemudian disebut sebagai ‘single nucleotide polymorphisms (SNP). Menariknya, ada tiga SNP yang dianggap memiliki keterkaitan yang kuat dengan perilaku overeating, dengan besaran persentase mencapai 37%.

“Bahkan ada satu SNP yang berkaitan langsung dengan perilaku ini, sehingga mendukung kesimpulan kami tentang peranan genetik di balik pengaruh keberadaan oksitosin terhadap kebiasaan makan berlebih,” simpul ketua tim peneliti, Dr Caroline Cavis.

Apalagi ketika dicocokkan dengan jawaban kuesioner partisipan tentang kebiasaan atau perilaku makan mereka.

Ketika oksitosinnya sering keluar, hormon ini akan memicu OXTR untuk menurunkan nafsu makan. Sebaliknya mereka yang kesulitan untuk menahan diri dari makanan manis dan berkalori tinggi adalah mereka yang jarang menghasilkan oksitosin secara rutin ,” tutup Davis seperti dikutip dari¬†Eurekalert,¬†Sabtu 16/07/2016.

 

Leave a Comment