Apa Penyebab Mimpi Buruk yang Dialami Orang Dewasa?

Apa Penyebab Mimpi Buruk yang Dialami Orang Dewasa?

Mimpi buruk adalah mimpi yang sangat mengerikan atau sangat meresahkan yang terasa nyata sampai-sampai dapat membangunkan Anda dari tidur yang lelap. Tak jarang detak jantung tiba-tiba menjadi berdegup kencang dibuatnya. Mimpi buruk cenderung terjadi saat fase tidur REM. Kebanyakan orang mengalami mimpi buruk ketika dini hari karena pada saat itulah fase tidur REM kerap terjadi.

Apa Penyebab Mimpi Buruk yang Dialami Orang Dewasa?

Apa Penyebab Mimpi Buruk yang Dialami Orang Dewasa?

Mimpi buruk pada orang dewasa sering kali bersifat spontan atau terjadi begitu saja. Tapi itu juga bisa disebabkan oleh beragam faktor maupun penyakit. Beberapa orang mengalami mimpi buruk setelah menyantap camilan saat larut malam, yang dapat meningkatkan metabolisme dan memberi sinyal ke otak untuk lebih aktif.

Mereka yang mengonsumsi obat-obatan antidepresan dan narkotika juga sering mengalami mimpi buruk. Obat-obatan untuk mengatasi tekanan darah tinggi juga dapat menjadi penyebab mimpi buruk.

Penghentian konsumsi obat-obatan atau zat tertentu, termasuk alkohol dan obat penenang, juga dapat memicu mimpi buruk. Jika Anda lebih sering mengalami mimpi buruk setelah menghentikan pemakaian obat tertentu, bicarakanlah dengan dokter Anda.

Penyebab mimpi buruk yang lain ialah kondisi-kondisi psikologis. Sebagai contoh, kecemasan dan depresi bisa membuat orang dewasa mengalami serangkaian mimpi buruk. Gangguan stres paska trauma adalah yang paling sering menyebabkan seseorang menderita mimpi buruk kronis di waktu tidurnya. Selain itu, mimpi buruk pada orang dewasa bisa juga disebabkan oleh gangguan tidur, misanya sleep apnea (apnea tidur) dan sindrom kaki gelisah.

Dampak mimpi buruk boleh jadi sangat besar bagi kesehatan dan kebugaran Anda. Mereka yang menderita kecemasan atau depresi dan sering bermimpi buruk sangat mungkin jadi lebih menderita akibatnya. Kurang tidur akibat sering terbangung dari tidur lelap juga bisa memicu penyakit jantung, depresi, dan obesitas.

Tekanan mental

Apabila Anda sedang merasa kehilangan akan seseorang yang sangat dicintai ataupun mengalami kecelakaan yang cukup mengerikan, maka mimpi yang aneh dan tak masuk akal besar sekali peluangnya untuk muncul saat Anda tidur. Perasaan atau mental yang sedang tertekan bisa menjadi pemicu mimpi yang aneh dan menyebabkan perasaan gelisah ketika terbangun.

Realita kehidupan

Mimpi sering dihubungkan dengan keadaan atau kondisi di kehidupan nyata seorang manusia. Gambaran dalam mimpi tersebut bisa berupa sesuatu yang ditakuti ataupun berbagai hal yang telah terjadi atau dialami.

Gula rendah

Penyebab mimpi buruk yang lainnya adalah kadar gula rendah dalam tubuh seseorang. Ketika kadar gula atau glukosa dalam tubuh berada dalam tingkat yang sangat rendah, maka otak secara otomatis akan berupaya untuk menyeimbangkan kadar gula tersebut dan sekaligus memacu adrenalin dalam tubuh.

Sakit

Mimpi yang aneh juga sering dialami oleh orang yang sedang sakit atau demam tinggi. Suhu tubuh yang tinggi berpotensi untuk menginduksi gambaran dalam mimpi yang jauh dari realita atau tidak masuk akal.

Bipolar

Bipolar merupakan gangguan mental yang biasanya ditandai dengan terjadinya perubahan mood atau suasana hati yang rapid atau ekstrim. Tentunya hal ini bisa memicu terjadinya mimpi buruk setiap malamnya. Alangkah lebih baik jika Anda segera berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mengatasi gangguan mental ini.

Trauma

Keadaan seseorang yang sedang mengalami trauma bisa menyebabkan mimpi yang aneh dan bahkan menakutkan. Lebih parah lagi, seseorang akan sampai berteriak-teriak karena merasa sangat ketakutan ketika sedang mengalami mimpi buruk akibat trauma yang menghantui hidup mereka.

Alkohol dan narkotika

Sudah tidak bisa disangkal lagi jika alkohol dan narkotika bisa menyebabkan pikiran dan imajinasi seseorang menjadi berlebihan dan sering tidak logis. Penggunaan atau konsumsi narkotika dan alkohol sebelum tidur bisa memicu terjadinya mimpi aneh, buruk dan bahkan menakutkan ketika tidur di malam hari.

Kabar mengejutkan

Percaya atau tidak, kabar atau berita yang mengejutkan ternyata bisa terbawa ke dalam mimpi atau alam bawah sadar seseorang. Berita yang mengejutkan bisa memicu munculnya mimpi buruk atau dengan kata lain kejadian yang mengejutkan tersebut akan tercermin sebagai mimpi yang aneh dan tidak masuk akal.

Leave a Comment